Mata Pelajaran :
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Kelas :
IX (Sembilan)
Semester :
Ganjil dan Genap
Kompetensi Inti :
·
KI1 dan
KI2:
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya serta Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
·
KI4:
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret
dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori.
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Aspek/Ranah
|
||
Pengetahuan
(Kognitif)
|
Sikap
(Affective)
|
Ketrampilan
(Psikomotorik)
|
|||
1
|
3.1 Menghubungkan
sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan
penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
|
· Menjelaskan
proses pembelahan sel
· Menjelaskan
sistem reproduksi manusia
· Menjelaskan
berbagai kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
· Menjelakan
pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
|
|||
2
|
4.1 Menyajikan
hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya
pencegahan gangguan pada organ reproduksi
|
· Membuat
laporan tertulis tentang kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ
reproduksi
· Menyajikan
hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya
pencegahan gangguan pada organ reproduksi
|
|||
3
|
3.2 Menganalisis
sistem perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan serta penerapan teknologi
pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan
|
· Menganalisis
sistem reproduksi pada tumbuhan
· Menjelaskan
penerapan teknologi reproduksi pada tumbuhan
· Menganalisis
sistem reproduksi pada hewan
· Menjelaskan
penerapan teknologi reproduksi pada hewan
|
|||
4
|
4.2 Menyajikan
karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
|
· Menyajikan
hasil identifikasi reproduksi aseksual dan seksual pada tumbuhanlumut, paku dan
tumbuhan berbiji
|
|||
5
|
3.3 Menerapkan
konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
· Memahami
struktur DNA dan kromosom sebagai materi genetik
· Memahami
hukum pewarisan sifat
· Menjelaskan
pewarisan sifat pada manusia
· Menjelaskan
kelainan sifat menurun pada manusia
· Menerapkan pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk
hidup
· Memahami
konsep adaptasi dan seleksi alam
|
|||
6
|
4.3 Menyajikan
hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan
hewan hasil pemuliaan
|
· Menyajikan
hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan
hewan hasil pemuliaan
|
|||
7
|
3.4 Memahami
konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk
kelistrikan pada sistem saraf dan
hewan yang mengandung listrik
|
· Memahami
konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari
· Menjelaskan
interaksi antara muatan listrik
· Memahami
konsep gaya listrik
· Memahami
konsep potensial listrik
· Menjelaskan
kelistrikan pada sistem saraf
· Memaparkan
hewan yang mengandung listrik
|
|||
8
|
4.4 Menyajikan
hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menyajikan
hasil percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya
|
|||
3.5 Menerapkan
konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik
dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta
berbagai upaya menghemat energi listrik
|
· Memahami
arus listrik
· Memahami
hukum ohm
· Memahami
hukum i kirchhoff
· Memahami
rangkaian listrik
· Memahami
berbagai sumber energi listrik
· Memahami
konsep energi dan daya listrik
· Menjelaskan
upaya-upaya penghematan energi listrik
· Menjelaskan
berbagai sumber energi listrik alternatif ramah lingkungan
|
||||
4.5 Menyajikan
hasil rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrik
|
· Menyajikan
hasil perbandingan arus listrik pada rangkaian seri dan paralel
· Menyajikan
hasil penyelidikan karakteristik rangkaian listrik
|
||||
3.6 Menerapkan
konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet
dalam kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari
makanan dan migrasi
|
· Memahami
sifat-sifat magnet
· Menjelaskan
cara membuat magnet
· Menjelaskan
kutub-kutub kemagnetan bumi
· Menjelaskan
konsep induksi elektromagnetik
· Menjelaskan
konsep transformator
· Menyebutkan
produk teknologi yang memanfaatkan kemagnetan
· Menjelaskan
pergerakan navigasi hewan yang memanfaatkan medan magnet
|
||||
4.6 Membuat
karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau induksi elektromagnetik
|
· Mempresentasikan
karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau induksi elektromagnetik
|
||||
3.7 Menerapkan
konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia
|
· Menjelaskan
prinsip dasar bioteknologi
· Menjelaskn
perbedaan bioteknologi konvensional dengan bioteknologi modern
· Menjelaskan
penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia
|
||||
4.7 Membuat
salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar
|
· Membuat
salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar
· Menyajikan
produk bioteknologi konvensional yang telah dibuat
|
||||
3.8 Menghubungkan
konsep partikel materi (atom, ion,molekul), struktur zat sederhana dengan
sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari, serta dampak penggunaannya
terhadap kesehatan manusia
|
· Menjelaskan
konsep atom, ion, dan molekul
· Menjelaskan
sifat berbagai jenis bahan yang ada di sekitar
· Memaparkan
contoh pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari
· Menjelakan
pengaruh bahan tertentu di lingkungan sekitar terhadap kesehatan
|
||||
4.8 Menyajikan
hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menyajikan
karya ide kreatif pemanfaatan bahan serat, karet, tanah liat, kaca/gelas, plastik,
dan logam
|
||||
3.9 Menghubungkan
sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan
pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan
|
· Menjelaskan
peranan tanah untuk keberlanjutan kehidupan
· Menjelaskan
peranan organisme dalam tanah
· Menejlaskan
proses pembentukan tanah
· Menjelaskan
komponen-komponen penyusun tanah
|
||||
4.9 Menyajikan
hasil penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi
kehidupan
|
· Membuat
laporan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat dan pentingnya tanah bagi
kehidupan
· Menyajikan
laporan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat dan pentingnya tanah bagi
kehidupan
|
||||
3.10 Memahami
proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan
|
· Memahami
berbagai teknologi ramah lingkungan serta aplikasinya
· Menjelaskan
pentingnya aplikasi teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan
· Menyebutkan
berbagai teknologi tidak ramah lingkungan
|
||||
4.10 Menyajikankarya
tentang proses dan produk teknologi sederhana yang ramah lingkungan
|
· Menyajikan
karya tentang proses dan produk teknologi ramah lingkungan
|
Penetapan Teknik
Penilaian
Dalam
memilih
teknik penilaian
mempertimbangkan cirri indikator,
contoh:
o
Apabila tuntutan indikator melakukan
sesuatu,
maka
teknik penilaiannya
adalah unjuk kerja (performance).
o
Apabila tuntutan indicator
berkaitan
dengan
pemahaman konsep, maka teknik
penilaiannya
adalah tertulis.
o
Apabila tuntutan indikator memuat
unsur penyelidikan,
maka teknik
penilaiannya
adalah proyek
Bungaraya., ... Juli 20.
Mengetahui :
Kepala Sekolah ... Guru
Mata Pelajaran,
NIP. 197411232003121001- NIP. 198010012009031006
0 komentar:
Posting Komentar